Categories
Pengasuhan Berbasis Sistem Kerja Otak

Artikel Premium Eps 6

Otak Super

Pada ilmu Neuroscience kita dapat mempelajari bahwa seorang anak yang berusia 0-3 thn memiliki kecepatan aktivitas otak kurang lebih 5x lebih cepat dari pada aktivitas otak orang dewasa  (membuat sambungan-sambungan baru antar neuron ataupun menebalkannya).

Saking cepatnya aktivitas otak pada seorang anak yang berusia 0-3thn menyebabkan anak dapat menduplikasi dalam waktu yang cukup singkat karakter pengasuh atau orang yang berinteraksi dengan dirinya.

hal itu juga didukung oleh rasa keingintahuan yang teramat besar yang normalnya ada pada diri anak usia 0-3thn.

Pentingnya Teladan

Kecepatan aktivitas otak dan besarnya rasa keingintahuan tersebut harus mampu kita manfaatkan dengan cara memberikan rangsangan (teladan yang baik) sebanyak mungkin.

Seperti contoh ketika sang anak sedang menaiki sebuah pohon maka pengasuh harus dapat menjadi teladan yang baik dengan menunjukkan/mengekspresikan ketenangan dan memberikan arahan-arahan yang solutif untuk membantu sang anak turun atau menyelesaikan misinya, maka anak akan meneladani (meniru) ketenangan pengasuh juga cara mencari solusi ketika dikemudian hari anak dihadapkan kepada sebuah permasalahan.

Bahayanya Contoh Buruk

Sebaliknya sebuah contoh negatif apabila seorang pengasuh menunjukkan/mengekspresikan kecemasan atau kekhawatiran yang berlebihan dan tidak diperlukan untuk menyelesaikan maka ..

hal tersebut hanya akan membuat sang anak meneladani (meniru) cara menghadapi masalah dengan ekspresi dan perasaan cemas/khawatir yang ditampakkan oleh sang pengasuh sehingga anak justru akan kesulitan menyelesaikan masalah yang dihadapinya (memperkirakan dahan mana atau batang mana yang harus dia pijak atau langkahi).

Bank Nutrisi Otak

Otak membutuhkan energi untuk beraktivitas (membangun hubungan antar neuron ataupun menebalkan sambungannya dll) energi tersebut diambil dari nutrisi.

Nutrisi tersebut disimpan pada sebuah tempat penyimpanan bernama sel neuro glial yang berada di antara neuron. Salah satu saluran/tangan dari sel neuro glial adalah myelin, myelin adalah sebuah lapisan yang menyelimuti bagian (bagian luar) akson.

Myelin memiliki fungsi untuk memberi nutrisi kepada akson juga bertugas untuk mempercepat hantaran informasi dari sebuah lokasi ke lokasi lainnya dan semangkin tebal Myelin akan mempercepat hantaran informasi tersebut.

Cepat & Lambar dalam Berfikir

Data-data informasi diproses di dalam neuron lalu didistribusikan melalui akson yang dipercepat oleh Myelin, anak-anak yang cerdas salah satunya di tandai oleh banyaknya Nutrisi penunjang aktivitas otak.

Salah satu cara menebalkan Myelin adalah dengan menghantarkan sebuah informasi yang sama berulang-ulang atau melakukan pengulangan, kondisi otak seorang anak yang berusia 0-14 sangat mendukung untuk menyiapkan berbagai potensi (pengetahuan) maka kita sebagai pengasuh sebaiknya memfasilitasi hal tersebut, nanti ketika anak sampai pada usia 15 tahun potensi-potensi tersebut dapat di arahkan untuk menjadi keahlian utama dan tambahan.

Selanjutnya pada Eps 6 InsyaAllah di Artikel Seru

Pemateri      : Dr. Amir Zuhdi 
Penulis       : Fadila Rahmalia s.Psi 
Editor        : M Aziz Ghofuru R Amd 
Materi ini disampaikan oleh Dr. Amir Zuhdi salah satu narasumber  terbaik dalam bidang Ilmu Otak (neurosains aplikatif) dalam  pelatihan NPP (Neuro Parenting Practitioner) yang diselenggarakan  oleh beliau dan Team nya, untuk info lebih lanjut mengenai Pelatihan  NPP bisa langsung menghubungi 0821 3645 7526 melalui WhatsApp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *